OPS KESELAMATAN TELABANG 2019 – KOTIM

Polres Kotawaringin Timur – Berbagi Brosur Keselamatan

Satuan Lalu Lintas Polres Kotim Melaksanakan Kegiatan Himbauan Kamseltibcar Lantas dan Sosialisasi Ops Keselamatan Telabang 2019 serta membagikan brosur Ops Keselamatan Telabang 2019 yang berisikan Jadwal imsakiyah Bulan Ramadhan 1440 H Kepada Para pengunjung pasar Ramadhan yang berlokasi di Taman Kota Sampit, Jl. Suparman Kab. Kotawaringin Timur. Rabu (08/5/2019) pukul 16.00 WIB. Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Kotim Ipda Edy Subagiyo beserta personel Unit Dikyasa Satlantas Polres Kotim. Melaksanakan kegiatan sosialisasi ops keselamatan telabang 2019 sat lantas polres kotim yang di laksanakan dari tanggal 29 april sd 12 mei 2019.

Kanit dikyasa mensosialisasikan yang menjadi 7 Fokus sasaran Road Safety antara lain, Tidak Menggunakan Helm SNI, Berkendara Dalam Keadaan mabuk, Melebihi batas kecepatan maximal, Pengedara dibawah Umur, Tidak menggunakan Sabuk Keselamatan, Menggunakan HP saat Berkendara, Berkendara melawan arus.

“Dalam kegiatan tersebut kami Sat Lantas Polres Kotim juga mengajak Para para pengunjung Pasar Ramadhan untuk menjadi pelopor keselamatan Berlalu Lintas dan mengutamakan keselamatan Bukan Kecepatan.” Jelas Kanit Dikyasa.

Satlantas Polres Kotim juga Menjelaskan tujuan di adakan Ops Keselamatan Telabang 2019 adalah untuk Cipta Kondisi Pasca Pileg dan Pilpres 2019 serta Jelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H guna meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat dalam berlalu lintas  demi terciptanya Kamseltibcar Lantas wilayah Polres Kotim. (Dp/zb)

 

JUMLAH PELANGGAR MENINGKAT, POLANTAS MENGUAT

Kotawaringin Timur – Dengan meningkatnya jumlah volume arus lalu lintas, maka semakin meningkat pula angka pelanggaran dalam berlalu lintas.

Satuan Lalu Lintas Polres Kotim setiap harinya melakukan penindakan di beberapa titik dalam wilayah hukum Polres Kotim, tercatat pada hari ini Kamis tanggal 28 Maret 2019 terjaring sebanyak 56 pelanggar dengan rincian pengguna R6 sebanyak 5 pelanggar, pengguna R4 sebanyak 6 pelanggar dan pengguna R2 sebanyak 45 pelanggar.

Mudahnya dalam kepemilikan kendaraan bermotor membuat masyarakat bebas memiliki dan menggunakan, tanpa memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) pun bebas menggunakan Kendaraan bermotor. Sehingga pelanggaran terbanyak yaitu Pengendara tanpa dilengkapi Surat Izin Mengemudi (SIM) yang merupakan syarat utama dalam menggunakan Kendaraan bermotor dijalan.

Setiap pengendara wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal itu sudah diatur dalam undang-undang yang berlaku. Surat-surat yang harus dibawa pengendara salah satunya adalah SIM. Untuk bisa mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, pengendara harus mengantongi SIM. Pemegang SIM juga telah memenuhi syarat tertentu seperti persyaratan usia, administratif, kesehatan dan lulus ujian teori maupun praktik.

SIM mempunyai fungsi utama, Menurut Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 86, ada tiga fungsi dari SIM.

Fungsi pertama, SIM menjadi bukti kompetensi mengemudi. Dengan mengantongi SIM, pengemudi dianggap sudah bisa mengendarai kendaraan bermotor dan sudah memahami tata cara berlalu lintas. Yang kedua, SIM berfungsi sebagai registrasi pengemudi kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas pengemudi. Fungsi ketiga, data pada registrasi pengemudi dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian. (dp)

SOSIALISASI KE SMK N 4 SAMPIT – MRSF 2019

SOSIALISASI SEPUTAR MRSF KEPADA SISWA/I SMK N – 4 SAMPIT

Satuan Lalu Lintas dipimpin oleh KaurBinOps Satlantas polres Kotim menjadi IRUP pada Upacara Siswa/i SMK N – 4 Sampit, dengan jumlah lebih dari 500 siswa Satlantas Polres Kotim sekaligus memberikan Himbauan Kamseltibcar Lantas dan Informasi mengenai program Millennial Road Safety Festival serta perekrutan bagi Siswa/i yang ingin menjadi Anggota Relasi (Relawan Lalu Lintas Indonesia).

Tujuan utama kegiatan ini guna menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu taat peraturan lalu lintas demi terwujud lalu lintas yang aman, tertib dan lancar.

BAGI-BAGI BROSUR – MRSF 2019

Bagi – Bagi Brosur Kamseltibcar Lantas di pangkalan ojek

Abang Ojek merupakan salah satu dari sekian banyak masyarakat mengguna jalan, maka sangat perlu kita bersosialisasi kepara Para Tukang ojek tentang Kamseltibcar Lantas.

Betapa pentingnya keselamatan pribadi serta penumpang, karena tidak sedikit pengguna jasa Ojek setiap harinya.  Jika saja seluruh pengguna jalan mematuhi peraturan lalu lintas, maka ini akan menekan angka kecelakaan dan mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas.

PEMBAGIAN BROSUR & STIKER – MRSF 2019

BAGI BROSUR & STIKER KEGIATAN MILLENNIAL ROAD SAFETY FESTIVAL

Unit Satuan Lalu Lintas Polres Kotim membagikan Brosur dan Stiker yang berisikan tentang Program MRSF serta Himbauan Kamseltibcar Lantas.

Sebanyak 50 lembar Stiker MRSF dan 105 Brosur kamseltibcar Lantas dibagikan kepada pemohon wajib pajak dan ditempelkan langsung ke kendaraan bermotor Roda 2 serta Roda 4 milik Masyarakat.

SOSIALISASI KEPADA PEMOHON SIM – MRSF 2019

SOSIALISASI MILLENNIAL ROAD SAFETY FESTIVAL 2019

Satuan Lalu Lintas Polres Kotim menyampaikan Informasi seputar Program Millennial Road Safety Festival 2019 serta himbauan Kamseltibcar Lantas.

Dalam penyampaian informasi program MRSF tersebut, disampaikan oleh Unit Dikyasa kegiatan puncak Millennial Road Safety Festival yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur pada tanggal 03 Februari 2019 bertepat di Taman Kota.

Pada kesempatan ini Unit Dikyasa Satlantas Polres Kotim mengajak masyarakat yang berkenan menjadi RELASI “Relawan Lalu Lintas Indonesia” untuk bergabung, dan warga masyarakat yang berkenan dapat langsung menyerahkan Identitas guna pendataan serta penerbitan ID Relasi.

SOSIALISASI KEPADA PEMOHON WAJIB PAJAK – MRSF 2019

SOSIALISASI MILLENNIAL ROAD SAFETY FESTIVAL 2019

Satuan Lalu Lintas Polres Kotim menyampaikan Informasi seputar Program Millennial Road Safety Festival 2019 serta himbauan Kamseltibcar Lantas.

Dalam penyampaian informasi program MRSF tersebut, disampaikan juga oleh Kanit Regident kegiatan puncak Millennial Road Safety Festival yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur pada tanggal 03 Februari 2019 bertepat di Taman Kota.

Pada kesempatan kali ini pun Kanit Regident Satlantas Polres Kotim mengajak masyarakat yang berkenan menjadi RELASI “Relawan Lalu Lintas Indonesia” untuk bergabung, dan warga masyarakat yang berkenan dapat langsung menyerahkan Identitas guna pendataan serta penerbitan ID Relasi.

SOSIALISASI DI TAMAN KOTA – MRSF 2019

SOSIALISASI DITEMPAT UMUM

Satuan Lalu lintas, khususnya Unit Dikyasa tidak pernah lelah untuk selalu memberikan informasi kepada masyarakat. Dalam hal ini informasi terbaru yaitu tentang dilaksanakannya Program MRSF (Millennial Road Safety Festival) yang dilaksanakan serempak seluruh Indonesia.

Tidak hanya bersosialisasi, dalam kesempatan ini unit Dikyasa juga melakukan Perekrutan Calon Anggota Relasi (Relawan Lalu Lintas Indonesia) yang diutamakan kepada Anak-anak kaum Millennial.

PEMBAGIAN KAOS & PENYERAHAN ID RELASI – MRSF 2019

PEMBAGIAN KAOS MRSF DAN PENYERAHAN ID RELASI

Dalam kegiatan Safety Riding yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Kotim, terlihat sangat banyak masyarakat yang antusias ingin mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan diisi dengan beberapa kegiatan, antara lain Sosialisasi mengenai Program Millennial Road Safety Festival, Safety Riding Game dan Perekrutan Calon Relasi.

Di akhir kegiatan, Satlantas Polres Kotim memberikan Cinderamata berupa Kaos MRSF (Millennial Road Safety Festival) dan penyerahan ID Relasi (Relawan Lalu Lintas Indonesia) kepada masyarakat yang telah terdaftar sebagai anggota Relasi.